Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik merubah MAC Address yang telah di Blok (Blacklist) pada PC atau Laptop







MAC Address (Media Access Control Address) adalah alamat fisik suatu interface jaringan (seperti ethernet card pada komputer atau interface pada router) yang bersifat unik  dan berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut.

Secara umum MAC Address dibuat dan diberikan oleh pabrik pembuat NIC (Network Interface Card) dan disimpan secara permanen pada ROM (Read Only Memory) perangkat tersebut.

Sebagai user internet kita pasti pernah bermasalah dengan akses jaringan yang tiba-tiba terputus. Itu bisa banyak faktor, salah satunya MAC Address perangkat anda telah di blacklist oleh Administrator Jaringan.

Ketika MAC Address telah di blacklist otomatis anda tidak dapat akses internet, salah satu cara agar dapat mengakses internet lagi yaitu dengan cara merubah MAC Address pada komputer yang digunakan.

Adapun langkah-langkah Trik merubah MAC Address yang telah di Blok (Blacklist) pada PC atau Laptop sebagai berikut :

Pertama - Download dahulu Software Technitium MAC Address Changer v6 (TMAC v6) pada web browser.

Kedua - Setelah selesai download, lalu Install Software TMAC v6.

Ketiga - Buka software TMAC v6 yang sudah di install tadi, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Keempat - Pada Menu Network Connections, lalu pilih WiFi.

Kelima - Setelah pilih WiFi, pada Change MAC Address klik Random MAC Address maka secara otomatis MAC Address yang baru akan muncul pada kolom tersebut.

Keenam - Klik Change Now !, maka tampilan pada Active MAC Address akan berubah dan muncul pesan seperti gambar dibawah ini, setelah itu klik OK.

Ketujuh - Apabila ingin melihat MAC Address yang sudah dirubah, anda bisa lihat dibagian Active MAC Address yang awalnya (Original) berubah menjadi (Changed).

Kedelapan - Setelah MAC Address sudah dirubah anda sudah bisa mengkoneksikan kembali komputer ke internet yang sering digunakan.

Kesembilan - Apabila anda ingin mengembalikan MAC Address seperti semula, klik saja Restore Original maka akan muncul pesan seperti dibawah ini, setelah itu klik OK.

Sekian Tutorial kali ini, jangan lupa kunjungi postingan lainnya di it-ilmu.com
Terima Kasih :)

1 komentar untuk "Trik merubah MAC Address yang telah di Blok (Blacklist) pada PC atau Laptop"

Satrio 09.33 Hapus Komentar
nice gan