Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus DNS Cache di PC Tanpa Aplikasi

Teknologi pada era sekarang ini sangat pesat, informasi sangat mudah didapatkan baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk mencari informasi tertentu ada istilah Surfing, Browsing, atau Searching Internet. Saat melakukan browsing anda pasti perlu yang namanya Web Browser. Yap, salah satu contoh web browser yang sering digunakan yaitu Google. 

Saat anda browsing internet, layanan DNS akan secara otomatis menerjemahkan alamat web yang anda kunjungi ke dalam format yang dimengerti oleh perangkat jaringan anda. Alamat web kemudian di simpan secara lokal sebagai data untuk membantu mempercepat pencarian. Istilah ini disebut DNS Cache, Pada kesempatan kali ini Penulis akan mengupas satu per satu Apa itu DNS, Cache, DNS Cache dan Cara Menghapus DNS Cache di PC Tanpa Aplikasi.

1. Apa itu DNS ?

Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem penamaan yang mengubah Uniform Resource Locator (URL) ke dalam bentuk Internet Protocol Address (IP Address). Dengan adanya DNS anda tidak perlu repot-repot mengingat IP Address setiap situs yang ingin dikunjungi. Sebagai contoh, ketika anda browsing google.com, DNS pada server Google akan mengarahkan URL yang dimasukkan tadi untuk diterjemahkan dalam bentuk IP Address agar dimengerti oleh komputer yang anda gunakan.

2. Apa itu Cache ?

Cache adalah proses yang digunakan oleh web browser dan aplikasi untuk menyimpan data informasi. Anda pasti pernah menghapus history di browserkan ? Waktu anda menghapus history browser, pasti ada pilihan “Bersihkan Cache”. Misalnya di Google Chrome, kalau anda ingin menghapus history, anda akan diberikan pilihan untuk menghapus gambar dan file yang disimpan dalam cache. Proses ini biasanya digunakan untuk melindungi privasi atau menghemat ruang penyimpanan. 

Dari 2 pengertian diatas, bahwa dapat kita simpulkan DNS Cache adalah suatu sistem pada web browser dan komputer yang berfungsi untuk menyimpan alamat IP dari web server yang sering dikunjungi. Jika ada perubahan pada DNS yang sering anda kunjungi, web browser anda mungkin mengalami masalah konektivitas dan gagal memuat beberapa situs web dengan benar. Dalam masalah ini, Anda harus menghapus DNS Cache atau istilahnya Flush DNS untuk memaksa perangkat mencari lagi setiap alamat web yang telah anda kunjungi.

1. Flush DNS di Windows
Jika anda memiliki PC dengan Windows 7 / 8 / 8.1 / 10 anda dapat menggunakan Command Prompt untuk menghapus DNS Cache.
  • Tekan Windows + R untuk membuka kotak Run. Kemudian ketik cmd dan pilih OK .
  • Ketik perintah berikut ke dalam Command Prompt: ipconfig /flushdns lalu tekan Enter
  • Jika berhasil akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini

2. Flush DNS di Macintosh (MacOS)
Anda dapat menghapus cache DNS di Mac menggunakan Terminal. Ini berlaku untuk MacOS Big Sur 11.0, MacOS Catalina 10.15, dan MacOS Mojave 10.14, termasuk versi MacOS yang lebih lama sejak MacOS X Mavericks 10.9.
  • Buka Finder > Aplikasi > Utilitas dan luncurkan Terminal
  • Salin dan tempel perintah berikut: sudo dscacheutil -flushcache; sudo killall -HUP mDNSResponder lalu tekan Enter

Note : Di MacOS X Yosemite versi 10.10.0 hingga 10.10.3, Anda harus menggunakan perintah berikut: sudo discoveryutil mdnsflushcache atau sudo discoveryutil udnsflushcaches

3. Flush DNS di Linux
Tidak hanya cara menghapus DNS Cache di Windows dan MacOS saja, anda juga bisa cara flush DNS pada Linux, khususnya Ubuntu. Caranya sangat mudah, ikuti langkah berikut ini :
  • Buka Terminal pada Linux Ubuntu
  • Masukkan perintah berikut : sudo service network-manager restart lalu tekan Enter

Note : Jika anda ingin menghapus DNS Cache pada linux lainnya, maka perintah ini bisa digunakan: sudo /etc/init.d/nscd restart

Itulah beberapa cara menghapus DNS Cache pada komputer, semoga berhasil apabila belum berhasil coba satu per satu langkah-langkahnya dengan benar. Semoga bermanfaat jangan lupa kunjungi artikel lainnya di it-ilmu.com. See You Next Time ! :)

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus DNS Cache di PC Tanpa Aplikasi"