Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Membuat Laptop Cepat Rusak Beserta Solusinya

Penggunaan laptop zaman sekarang sangatlah tinggi dan menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk saat ini. Bagaimana tidak? Mulai dari editor, gamer, pekerja kantoran, mahasiswa, bahkan anak sekolahan sudah menggunakan laptop untuk ujian sekolahnya. 

Disamping penggunaan nya, tanpa anda sadari terdapat kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat performa laptop menjadi menurun dan lebih parahnya lagi bisa membuat laptop anda cepat rusak. Lalu apa saja kebiasaan yang dapat membuat laptop cepat rusak dan bagaimana solusinya? 

Pada artikel kali ini penulis akan berbagi pengalaman pribadi tentang 8 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Membuat Laptop Cepat Rusak Beserta Solusinya. Oke! langsung sajak simak pembahasan berikut ini :

1. Sering Menggunakan Laptop Dalam Keadaan Baterai Sudah Penuh

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengguna laptop yaitu sering menggunakan laptop dalam keadaan baterai sudah penuh. Apalagi anda menggunakan laptop berjam-jam, itu bisa berdampak buruk bagi motherboard anda dan bisa membuat umur baterai menjadi pendek (cepat soak).

Solusi : Cabut casan laptop apabila baterai sudah 80-90%


2. Jangan Mengisi Daya Baterai Diatas 30%

Untuk anda yang pekerjaan sehari-hari menggunakan laptop pasti terganggu apabila menerima notifikasi baterai sudah hampir habis. Biasanya untuk mengantisipasi masalah ini dengan mengecas baterai laptop sebelum mendapatkan notifikasinya. Hal ini juga dapat mengurangi umur penggunaan baterai laptop anda.

Solusi : Caslah laptop anda di 20% dan jangan menunggu baterai laptop sampai habis karena dapat mengurangi kemampuan menyimpan daya pada baterai.


3. Cara Memasang dan Melepas Charger Laptop Yang Salah

Banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menggunakan laptop untuk kegiatan sehari-hari salah satunya adalah cara memasang dan melepas charger laptop yang salah. Hal ini menjadi fatal apabila dilakukan terus-menerus, tidak hanya baterai anda yang rusak bahkan charger anda juga ikut rusak pula.

Solusi : 

  • Untuk memasang charger laptop yang benar adalah dimulai dari mecolok kepala charger ke stop kontak, lalu colok ujung charger ke laptop. Bukan sebaliknya yang bisa mengakibatkan arus daya ke baterai tidak stabil.
  • Untuk melepaskan charger dari laptop, anda harus melepas perlahan-lahan atau jangan cabut paksa. hal ini dapat mengakibatkan port charger akan longgar dan membuat laptop susah mengisi daya.

4. Menutup Laptop Saat Masih Hidup (Sleep/Hibernate)

Akibat fatal dari seringnya melakukan kesalahan diatas, dapat menyebabkan Harddisk anda cepat rusak karena saat sleep atau hibernate kondisi program dalam laptop masih dijalankan, otomatis harddisk ikut bekerja untuk menjalankan program-program tersebut.

Solusi : Biasakan shut down laptop apabila tidak digunakan lagi dan saat men-shut down laptop, anda bisa menunggu sebentar agar laptop dapat melepaskan hawa panas yang dikeluarkan oleh kipas. Setelah laptop sudah dingin, anda sudah boleh menyimpan laptop di tas atau di tempat aman lainnya.


5. Menggunakan Laptop Di Permukaan Yang Kurang Sirkulasi Udara

Di kesalahan no.5 ini paling sering penulis temukan. Ada yang memainkan laptop di pangkuan kaki atau memainkan laptop diatas kasur. Yang paling banyak dilakukan adalah memainkan laptop diatas kasur. Sebaiknya anda berhenti melakukan kesalahan ini karena permukaan kasur dapat membuat sirkulasi pada laptop terhambat, menyebabkan kipas dan prosesor overheat dan bisa membuat kipas menjadi kotor oleh debu.

Solusi : Gunakanlah laptop di permukaan keras seperti lantai atau meja, karena permukaan yang keras dapat menyerap hawa panas lebih baik dan membuat sirkulasi udara pada kipas menjadi lancar.


6. Mencabut Perangkat Eksternal Dengan Keras

Beberapa kegiatan seperti menyalin data dari laptop ke perangkat eksternal (flashdisk atau harddisk) atau sebaliknya. Pasti membutuhkan port untuk menghubungkannya, tapi masih banyak diantara kita masih tidak hati-hati dalam mencabut perangkat eksternal yang terpasang. 

Salah satunya mencabut dengan keras, sehingga bisa menimbulkan kelonggaran pada port bahkan bisa membuat driver pada perangkat eksternal tidak terbaca lagi di laptop.

Solusi : Cabut perangkat eksternal seperti flashdisk atau harddisk secara lurus dan perlahan. Gunakan tangan yang satunya untuk menahan laptop agar tidak bergerak saat mencabut perangkat eksternal anda. 


7. Jarang Membersihkan Area Permukaan Laptop

Penting bagi anda untuk selalu membersihkan area permukaan laptop, jika anda malas untuk membersihkan nya debu atau kotoran akan masuk melalui sela-sela pada keyboard dan bisa mengakibatkan komponen di dalam laptop menjadi kotor.

Solusi : Siapkan kuas kecil halus dan tisu, gunakanlah kuas kecil tersebut untuk membersihkan sela-sela permukaan pada keyboard dan gunakanlah tisu untuk membersihkan permukaan layar laptop.


8. Meletakkan Makanan atau Minuman Terlalu Dekat Dengan Laptop

Kesalahan ini mungkin di anggap sepele oleh banyak orang dan tidak terlalu dipedulikan akibatnya. Salah satu akibat dari meletakkan makanan dan minuman terlalu dekat dengan laptop adalah apabila anda tidak sengaja menumpahkan minuman dapat mengakibatkan keyboard anda rusak atau layar laptop anda menjadi berembun (White Screen).

Solusi : Beri jarak antara makanan atau minuman anda dengan laptop yang digunakan.


Tujuan dari artikel ini adalah untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil yang dapat membuat laptop anda menjadi rusak dan memberikan solusi pencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sampai disini dulu artikel tentang 8 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Membuat Laptop Cepat Rusak Beserta Solusinya. Semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima Kasih :)

1 komentar untuk "8 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Membuat Laptop Cepat Rusak Beserta Solusinya"

Satrio 22.39 Hapus Komentar
nice gan sangat bermanfaat, wow