Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Cara Membuat Undangan Isra' Mi'raj 1442 H/2021 M, Menggunakan 1 Kertas A4 Bisa Buat 2 Undangan Lebih Hemat Kertas

Tidak lama lagi umat muslim di seluruh dunia memperingati Isra' Mi'raj 1442 H. Di indonesia sendiri biasanya memperingati isra' mi'raj dengan cara melaksanakan sebuah tradisi, acara atau kegiatan yang masih kental dengan budaya khas daerah. 

Kegiatan isra' mi'raj umumnya dilaksanakan di masjid atau musholla. Biasanya ,ketua remaja islam masjid (RISMA), ketua pengurus masjid, atau ketua RT membuat undangan lalu memberikan undangan tersebut warga setempat. Untuk membuat undangan tersebut pastinya tidaklah sedikit dan memerlukan banyak kertas. 

Bagaimana caranya agar bisa menghemat kertas dan biaya? nah! pada artikel kali ini penulis akan memberikan tutorial cara membuat undangan dengan memanfaatkan setengah dari kertas yang digunakan. Disini penulis menggunakan kertas A4, dan langsung saja simak pembahasan dibawah ini. 

Pertama - Buka Microsoft Word anda, pada artikel ini saya menggunakan Ms. Word 2007

Kedua - Pada bagian menu tab Page Layout/Layout >> Custom Margin lalu akan muncul tampilan seperti dibawah
Ketiga - Pilih Margins dan setting menjadi 1 cm semua, setelah itu Orientation nya buat menjadi Landscape

Keempat - Beralih ke Paper >> Paper size pilih A4 kemudian klik OK

Kelima - Masih di menu tab Layout >> Columns >> More Columns, Setelah itu pada Preset pilih Two >> Ceklis Line between >> Buat Spacing menjadi 2 cm kemudian klik OK
Jika anda berhasil membuatnya akan terlihat seperti contoh dibawah ini :
Keenam - Mulai mengetik surat undangan dengan memperhatikan kaidah penulisan surat mulai dari kop surat sampai tanda tangan, sesuaikan font size dan font style yang ingin anda gunakan dengan catatan tulisan yang anda buat jangan melebihi 1 kolom. 

Ketujuh - Setelah selesai membuat format tulisan di kolom sebelah kiri, kemudian copy paste semua format tulisan ke kolom sebelah kanan. Anda dapat melihat contoh pada gambar dibawah ini
Note : Untuk judul saya beri ukuran 12pt dan style huruf Times New Roman, lalu untuk isi surat nya saya menggunakan style huruf Arial dengan ukuran 11pt.

Selesai! sekarang anda sudah bisa membuat undangan siap cetak tanpa membuang banyak kertas. Demikian pembahasan artikel Contoh dan Cara Membuat Undangan Isra' Mi'raj 1442 H/2021 M, Menggunakan 1 Kertas A4 Bisa Buat 2 Undangan Lebih Hemat Kertas. Jika anda malas untuk membuat format penulisan dari awal, anda bisa Download melalui link dibawah ini


Sekian dan Terima Kasih :)

1 komentar untuk "Contoh dan Cara Membuat Undangan Isra' Mi'raj 1442 H/2021 M, Menggunakan 1 Kertas A4 Bisa Buat 2 Undangan Lebih Hemat Kertas"

Satrio 15.39 Hapus Komentar
nice gann