Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mudah Rename Ribuan File Sekaligus di Windows 7/8/10

Tahukah anda, ada beberapa cara bagaimana mengganti nama file atau folder dalam jumlah banyak sekaligus pada windows. Bagi sebagian pengguna komputer atau laptop masih belum mengetahui cara yang akan dibahas ini. Banyak sekali penulis mendengar pertanyaan seperti ini "Bang, bagaimana caranya mengganti nama (Rename) file atau folder puluhan, ratusan bahkan ribuan sekaligus secara berurutan? kan capek juga kalau diganti satu per satu".

Nah! pada kesempatan baik ini penulis akan memberikan beberapa cara yang paling gampang agar anda mudah dalam mengikuti langkah-langkahnya.

Sebelum itu cara ini dapat digunakan apabila anda ingin mengganti nama file berupa video yang memiliki banyak episode dan cara ini tidak cocok untuk digunakan dalam jenis file yang tidak ada keterkaitan dengan file lainnya.

1. Menggunakan Windows Explorer

Pertama - Anda siapkan dulu folder berisi file-file yang ingin diganti namanya secara berurutan. Disini penulis menggunakan file berupa gambar

Kedua - Setelah folder sudah disiapkan, anda buka folder tersebut

Ketiga - Selanjutnya pilih semua file dengan cara tekan CTRL+A >> letakkan kursor di gambar yang ingin anda jadikan nomor urut 1 >> klik kanan pada mouse lalu pilih Rename
Keempat - Isikan nama file disini penulis beri contoh "Testing" apabila sudah tinggal tekan Enter

Note : Perlu diingat jika hendak mengganti nama file usahakan seluruh format file sama, jika berbeda-beda akan muncul seperti gambar dibawah ini.
 (a) Gambar dengan format sama


(b) Gambar dengan 2 format berbeda

2. Menggunakan Advanced Renamer

Pertama - Download dan install terlebih dahulu aplikasi Advanced Renamer

Kedua - Setelah itu buka aplikasinya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
Ketiga - Kemudian pilih Tambah >> Direktori

Keempat - Selanjutnya cari folder yang telah berisi file-file yang ingin direname, disini penulis memiliki folder bernama "One Piece", jika sudah klik Oke

Kelima - Sekarang seluruh file yang berada di dalam folder tersebut sudah muncul di tampilan Advanced Renamer >> klik Tambah metode (Add method) dan pilih Nama baru (New Name)
Keenam - Berikutnya isikan nama di kolom Nama baru (New Name), kemudian pilih Menambah nomor dan terakhir silahkan anda klik tombol Mulai batch
Ketujuh - Lihat folder yang telah anda buat sebelumnya untuk mengecek apakah cara ini berhasil atau tidak
(a) Sebelum


(b) Sesudah

Selesai! sekarang anda sudah berhasil mengganti nama file dalam jumlah banyak sekaligus. Dari 2 cara diatas dapat disesuaikan dengan keinginan anda, yang mana menurut anda paling mudah untuk dilakukan.

Demikian tutorial pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung! :)

1 komentar untuk "2 Cara Mudah Rename Ribuan File Sekaligus di Windows 7/8/10"

Satrio 08.53 Hapus Komentar
nice infonya mas.