Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kondisi Baterai Laptop di Windows Dengan Mudah Menggunakan CMD (Command Prompt) dan Google Chrome

Laptop menjadi salah satu perangkat elektronik portable yang sangat berguna di saat anda ingin mengerjakan suatu pekerjaan yang melibatkan aplikasi-aplikasi berat, seperti Photoshop, Adobe After Effect dan lain-lainnya.

Selain portable, laptop juga mengandalkan baterai sebagai media penyimpanan listrik sebagai sumber daya agar tetap hidup walaupun tidak harus dicolok ke stop kontak listrik. Seperti halnya perangkat elektronik lain yang menggunakan baterai, laptop juga akan mengalami masalah pada baterai apabila laptop telah digunakan cukup lama.

Baterai pada dasar memiliki batas masa penggunaan yang seiring dengan waktu dapat mempengaruhi kinerja laptop anda. Semakin sering anda menggunakan laptop, maka semakin cepat pula baterai laptop anda mencapai batas masa penggunaan yang telah ditentukan.

Masalah ini biasanya penulis temukan di kantor-kantor atau di sekolah-sekolah. Dari tempat-tempat yang telah penulis sebutkan sebelumnya, guru atau pekerja kantoran ini selalu menggunakan laptop mereka dengan berlebihan sehingga tidak pernah memerhatikan kesehatan baterai laptop mereka.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya mulai dari sekarang anda harus lebih memperhatikan kesehatan baterai laptop anda. Lalu, bagaimana cara mengecek atau melihat kesehatan baterai laptop? kebetulan sekali, pada kesempatan baik ini penulis akan memberikan tutorialnya.

Berikut simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Note : Langkah-langkah ini khusus untuk pengguna windows saja.

Pertama - Klik menu pencarian (search) windows atau anda bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + Q

Kedua - Kemudian ketik command prompt (cmd), setelah itu arahkan kursor ke tulisan tersebut lalu klik kanan pada mouse >> pilih Run as administrator. Jika muncul pesan User Account Control anda tinggal klik Yes saja

Ketiga - Akan muncul jendela program berlatar belakang hitam seperti gambar dibawah ini
Keempat - Ketik perintah powercfg /batteryreport lalu tekan Enter. Jika anda berhasil akan muncul tulisan "Battery life report saved to C:\Windows\system32\battery-report.html."
Kelima - Berikutnya buka google chrome anda kemudian ketik dikolom pencarian file:///C:/Windows/system32/battery-report.html dan tekan Enter

Keenam - Setelah itu akan muncul halaman yang menampilkan hasil laporan mengenai baterai anda, seperti Recent usage, Battery usage, Usage history, Battery capacity history, Battery life estimates


a) Recent usage : berfungsi untuk menampilkan keterangan kapasitas penggunaan baterai dengan durasi pemakaian yang telah disesuaikan secara real-time.

b) Battery usage : berfungsi untuk memperlihatkan riwayat penggunaan baterai serta waktu pengisian daya yang telah digunakan pada hari-hari sebelumnya.

c) Usage history : berfungsi untuk menampilkan sejarah penggunaan sistem pada AC dan baterai.

d) Battery capacity history : berfungsi untuk menampilkan riwayat pengisian kapasitas sistem baterai.

e) Battery life estimates : berfungsi untuk memperoleh presentasi tentang berapa lama baterai laptop akan bertahan dalam kondisi penuh tergantung dengan kapasitas baterai saat digunakan.
Dan selesai! sekarang anda sudah mengetahui kesehatan atau kondisi baterai laptop anda serta dengan adanya penjelasan diatas dapat memberikan solusi agar baterai laptop anda tidak cepat rusak (baterai soak).

Demikian tutorial yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa kunjungi artikel-artikel menarik lainnya disini.

Oh iya, tutorial diatas penulis menggunakan sistem operasi Windows 8.1 dan cara ini berhasil juga di Windows 8 dan 10. Tapi cara tersebut belum penulis terapkan di Windows 7 dan bisa anda terapkan langsung di Windows 7 milik anda. Jika berhasil tolong berikan komentar dibawah ya :)

Sekian dan Terima Kasih


Sumber Referensi : tekno.kompas.com

1 komentar untuk "Cara Cek Kondisi Baterai Laptop di Windows Dengan Mudah Menggunakan CMD (Command Prompt) dan Google Chrome"

Anonim 22.01 Hapus Komentar
nice sekali.