Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Gampang Mengubah Format File Microsoft Word DOCX Menjadi PDF

Dalam membuat file ataupun dokumen ada banyak opsi format salah satunya ialah PDF ( Portable Document Format). Format PDF mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dipunyai oleh format ekstensi lain antara lain semacam tampilan format dokumen bakal tetap kelihatan sama saat diterima oleh pengguna lain. Itu maksudnya, format isi file PDF tidak berubah meski dibuka memakai software atau aplikasi yang berbeda- beda.

Lebih dari itu, file ataupun dokumen PDF juga terbilang efektif sebab dapat diakses melalui banyak piranti serta aplikasi termasuk juga browser seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera serta masih banyak lagi.

Saat sebelum mengganti file ke format PDF, banyak orang terlebih dulu menulis isi dokumennya memakai Word, Excel ataupun PowerPoint. Sebagai contoh permasalahan, disaat Si A mau mengirim file format berekstensi. docx( word) ke Si B dan ketika Si B membuka file itu, isi dari format yang dikirim berubah. Pemicu dari permasalahan ini karena software yang digunakan berbeda versi, Si A menggunakan Word 2016 sementara itu Si B menggunakan Word 2007.

Tetapi permasalahan ini bisa diatas dengan cara mengubah file word menjadi PDF, bagaimana caranya? okee langsung ikuti tutorial berikut ini:

1. Ubah melalui aplikasi Microsoft Word

Cara pertama mengubah file microsoft word menjadi PDF adalah menggunakan fitur Save as to PDF. Cara ini terbilang paling gampang jadi ikuti langkah demi langkah:

Pertama - Buka file word yang telah anda buat sebelumnya

Kedua - Saat tampilan file word terbuka, pilih menu "File" di sebelah kiri atas layar
Ketiga - Pilih "Save As" kemudian klik "Browse" untuk meletakkan dimana file anda disimpan
Keempat - Disini penulis simpan di Documents dan jangan lupa ubah nama file sesuai keinginan anda

Kelima - Dibagian "Save as type" pilih PDF
Keenam - Langkah terakhir tinggal anda klik "Save"

2. Ubah melalui situs konversi

Cara kedua adalah memanfaatkan situs konversi yang banyak beredar di internet. Penulis sendiri akan merekomendasikan situs konversi yang sering penulis gunakan yaitu smallpdf.com, ilovepdf.com, sodapdf.com dan pdf2go.com. Jika masih bingung simak penjelasan dibawah ini:

Pertama - Buka browser lalu ketik alamat url salah satu situs konversi yang ingin anda kunjungi, disini penulis beri contoh menggunakan smallpdf.com

Kedua - Setelah tampilan muncul klik "CHOOSE FILES"
Ketiga - Cari lokasi penyimpanan file word anda lalu klik "Open"
Keempat - Tunggu proses konversi sampai selesai, setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah klik "Download" dan file PDF sudah tersimpan di perangkat anda
Sekian tutorial 2 Cara Gampang Mengubah Format File Microsoft Word DOCX Menjadi PDF yang dapat penulis sampaikan. Silahkan pilih sendiri cara-cara diatas yang menurut anda paling mudah, apabila masih bingung bisa berkomentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi artikel-artikel menarik lainnya disini. ~TerimaKasih~

Posting Komentar untuk "2 Cara Gampang Mengubah Format File Microsoft Word DOCX Menjadi PDF"