Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mengubah Default Font dan Ukuran Font di Microsoft Word

Bagi anda yang pekerjaan atau kegiatan sehari-hari selalu menggunakan aplikasi keluaran Microsoft salah satunya Ms.Word pastinya pernah bertanya-tanya apakah bisa jenis huruf (font) dan font size pada office bisa diubah sesuai keinginan anda.

Penulis ambil contoh pada mahasiswa yang sedang membuat skripsi atau laporan proposal. Kebanyakan dari mereka harus mengatur ulang jenis font dan ukuran font. Karena dari bawaan aplikasi Microsoft Word sendiri, Calibri digunakan sebagai default font sedangkan pada umumnya skripsi ataupun laporan proposal diwajibkan memakai font Times New Roman serta ukuran font 12.

Menurut penulis sendiri hal ini dapat membuang waktu karena mahasiswa akan lebih berfokus mengatur jenis font dan ukuran font nya saja sehingga tidak memerhatikan format lainnya. Ujung-ujungnya akan banyak coretan oleh Dospem (Dosen Pembimbing) mereka masing-masing.

Tapi jangan khawatir, pihak Microsoft memiliki pengaturan nya sendiri untuk mengubah jenis font dan ukuran font yang anda inginkan. Dengan adanya pengaturan mengganti default font ini pastinya bakal sangat bermanfaat khususnya para mahasiswa. Jadi kedepannya anda tidak perlu repot-repot lagi mengubahnya tiap kali mau membuat dokumen baru.

Lantas bagaimana caranya? untuk anda yang masih bingung bisa ikuti step by step tutorial di bawah ini:

Mengubah Default Font dan Ukuran Font di Microsoft Word

Pertama - Pastikan anda sudah menginstall software atau aplikasi microsoft word

Kedua - Jika sudah buka aplikasi microsoft word anda. Disini penulis menggunakan word 2013

Ketiga - Pada bagian "Font" klik tanda panah kecil yang ada di sebelah kanan atau anda bisa menekan kombinasi keyboard yaitu CTRL + D
Keempat - Kalau berhasil akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini
Kelima - Setelah itu pilih tipe font, gaya font, serta ukuran font. Tidak hanya itu, anda dapat memberikan warna default font serta efek dan hasilnya dapat anda ikuti pada gambar berikut. Bila telah sesuai, pada bagian sebelah kiri bawah klik opsi "Set as Default"
Keenam - Langkah terakhir pilih opsi "All documents based on the Normal template", pengaturan ini akan tetap berlaku pada saat membuat dokumen baru dengan template standar ( blank page). Bila telah selesai klik OK.
Selesai! sekarang anda sudah tidak perlu lagi mengatur ulang jenis font setiap kali membuat dokumen baru.

Untuk ukuran font nya bisa anda sesuaikan lagi dengan cara klik angka yang ada disamping font, lalu pilih ukuran font sesuai format skripsi atau laporan proposal pada umumnya. 

Tutorial ini dapat anda terapkan pada office 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

Baiklah itu saja tutorial microsoft word yang dapat penulis berikan. Semoga bermanfaat bagi anda dan temukan tutorial-tutorial menarik lainnya disini. ~Terima Kasih~

1 komentar untuk "Cara Cepat Mengubah Default Font dan Ukuran Font di Microsoft Word"

Satrio 06.25 Hapus Komentar
nice min