Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Telegram dan Cara Menggunakan Fitur-Fitur Keren Lainnya

Fitur-Fitur Telegram
Apakah anda pengguna setia telegram? jika iya, ada baiknya anda mengenal apa itu telegram, apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut dan cara mengoperasikan fitur-fitur yang ada pada telegram.

Mengutip dari WikiPedia - "Telegram merupakan sistem pesan praktis (Instant Messaging) lintas platform berbasis cloud. Layanan ini juga menyediakan panggilan video terenkripsi ujung ke ujung, VoIP, berbagi file serta beberapa fitur yang lain. Aplikasi telegram diluncurkan untuk iOS pada tanggal 14 Agustus 2013 serta Android pada Oktober 2013. Server telegram didistribusikan di seluruh dunia agar mengurangi beban informasi dengan 5 pusat informasi di bermacam wilayah, sebaliknya pusat operasional berbasis di Dubai di Uni Emirat Arab.

Telegram menyediakan panggilan suara serta video terenkripsi ujung ke ujung serta percakapan "rahasia" terenkripsi ujung ke ujung opsional. Percakapan dan tim cloud dienkripsi antara aplikasi serta server, sehingga ISP serta pihak ketiga yang lain di jaringan tidak bisa mengakses informasi, namun server telegram bisa mengaksesnya. Pengguna bisa mengirim pesan teks serta suara, mengaplikasikan panggilan suara serta video, berbagi foto dan dokumen ( 2 GB per file), posisi pengguna, stiker animasi, kontak, serta file audio dalam jumlah tidak terbatas".

Selain itu telegram juga melakukan update secara berkala agar penggunanya tidak bosan, dan juga memiliki beberapa fitur baru yang belum ada di aplikasi lainnya. Salah satunya mengubah atau mengedit kembali pesan yang salah ketik (typo).

Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur-fitur terdapat di aplikasi telegram maka dari itu penulis akan memberitahu 5 fitur telegram yang menurut penulis sangat berguna sekali. Okee langsung ke tutorialnya seperti di bawah ini:

1. Fitur Menjadwalkan Pengiriman Pesan

Fitur pertama adalah menjadwalkan pengiriman pesan, keunggulan dari fitur ini anda dapat mengirim pesan dengan sistem jadwal yang anda inginkan. Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama - Buka aplikasi telegram anda

Kedua - Pilih kontak yang ingin anda kirim pesan, ketik pesan lalu klik dan tahan ikon Kirim kemudian pilih opsi "Jadwal Pesan"
Ketiga - Setelah itu tinggal tentukan tanggal, bulan, tahun bahkan anda juga dapat mengatur jam dan menit sesuai jadwal

Keempat -  Selanjutnya klik "Send on ..." untuk membuat jadwal pesan anda.
Kelima - Jika berhasil anda dapat mengecek jadwal pesan yang sudah dibuat melalui ikon Kalender seperti contoh gambar ini

2. Fitur Edit Pesan Typo

Fitur kedua adalah edit pesan typo, sesuai dengan namanya fitur ini memiliki keunggulan mengubah pesan salah ketik yang sudah terkirim ke orang lain. Caranya bisa anda ikuti step by step berikut ini:

Pertama - Buka aplikasi telegram di handphone anda

Kedua - Klik dan tahan pada pesan typo anda kemudian pilih ikon pensil di bagian atas
Ketiga - Lakukan edit pesan yang salah ketik

Keempat - Jika sudah selesai klik ikon checklist
Kelima - Jika berhasil pesan akan ditandai dengan tulisan "edited" yang berarti pesan sudah melalui proses edit

3. Fitur Menghapus Kiriman Foto atau Video Secara Otomatis

Fitur ketiga ini memiliki keunggulan untuk menghapus foto atau video yang anda kirim secara otomatis. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? okee simak tutorial berikut ini:

Pertama - Seperti biasa buka aplikasi telegram anda

Kedua - Klik ikon penjepit kertas untuk memilih media foto atau video yang ingin anda kirim

Ketiga - Berikutnya klik ikon stopwatch lalu anda tentukan jangka waktu pesan tersebut terhapus saat dibuka oleh penerima.
Keempat - Langkah terakhir tekan tombol Selesai lalu tekan tombol Kirim. Jika langkah yang anda ikuti benar maka akan timbul ikon api seperti contoh gambar ini

4. Fitur Edit Foto dan Video Langsung Lewat Chat

Fitur keempat sesuai namanya, memiliki kelebihan mengedit video langsung lewat chat sehingga video yang dikirim mendapatkan efek tambahan. Bagi yang belum tahu wajib simak cara-caranya berikut ini:

Pertama - Buka aplikasi telegram yang telah terinstall di handphone anda

Kedua - Klik ikon penjepit kertas lalu pilih media yang ingin anda edit. Disini penulis menggunakan video

Ketiga - Mulailah mengedit videonya menggunakan tools yang tersedia. Dengan adanya tools ini anda dapat memotong durasi video, menambahkan coretan warna, stiker dan teks, mengatur tingkat warna serta meningkatkan kualitas video
Keempat -  Setelah selesai klik ikon Kirim

5. Fitur Kirim Pesan Senyap

Fitur terakhir adalah mengirim pesan tanpa suara atau getaran sehingga si penerima tidak sadar sudah menerima pesan dari keluarga atau teman yang sedang iseng. Lalu bagaiman fitur ini bekerja? okee langsung simak tutorial nya di bawah ini:

Pertama - Buka aplikasi telegram

Kedua - Ketikkan pesan yang ingin anda kirim

Ketiga - Klik dan tahan ikon kirim lalu pilih opsi "Kirim tanpa suara" seperti contoh dibawah
Dengan adanya fitur-fitur ini pengguna tidak akan merasa bosan dan kegiatan chatting bersama keluarga dan teman-teman pun menjadi lebih seru.

Okee sekian tutorial kali ini yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Telegram dan Cara Menggunakan Fitur-Fitur Keren Lainnya"